Lancia Ypsilon Rally 4 HF, Kembalinya Ikon Reli dengan Desain Retro

Lancia Ypsilon Rally 4 HF, Kembalinya Ikon Reli dengan Desain RetroLancia Ypsilon Rally 4 HF, Kembalinya Ikon Reli dengan Desain Retro (Carscoops)

Nama Lancia yang dikenal sebagai sosok  legendaris di dunia reli, akhirnya kembali ke dunia balap dengan meluncurkan Ypsilon Rally 4 HF. Mobil reli subkompak dengan livery retro yang mengingatkan pada masa kejayaan Lancia.

Dilansir Carscoops, pemesanan untuk mobil reli Rp 1,2 miliar ditujukan untuk reli tingkat pemula. Levelnya tentu berbeda dengan Delta Integrale, Delta S4, 037, atau Stratos dari era kejayaan Lancia.

Mobil ini dikembangkan dengan bantuan Miki Biasion, legenda reli Italia yang memenangkan Kejuaraan Reli Eropa 1983 dengan Lancia 037, serta Kejuaraan WRC 1988 dan 1989 dengan Integrale. Biasion membantu merancang mobil reli Ypsilon dan varian Ypsilon HF bertenaga listrik, yang akan tersedia di pasar Eropa nantinya.

Performa Lancia Ypsilon Rally 4 HF

Rally 4 dilengkapi mesin turbo 1.2-liter yang menghasilkan 209 hp dan transmisi manual lima percepatan dengan limited slip differential. Sedangkan versi listrik Ypsilon HF mengusung motor 276 hp, menjadikannya salah satu EV kompak paling bertenaga dari Stellantis.

Ypsilon Rally 4 HF dinamai berdasarkan kategori balapan yang diikutinya. Selain dirancang untuk balapan reli global, Lancia juga akan menyelenggarakan Trofeo Lancia Rally di enam acara Kejuaraan Reli Italia 2025.

“Jika masa kecil Anda bermimpi tentang trek, Anda akan memimpikan Ferrari, tetapi jika Anda bermimpi menjadi pembalap reli, maka Anda pasti memimpikan Lancia. Warisan kemenangan dan balapan Lancia telah kembali, dan saya bangga menjadi bagian darinya,” kata Biasion saat peluncuran Ypsilon Rally 4 HF.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *